Minggu, 08 Agustus 2010

kopi bisa halau bau mulut tak sedap??

Ada kabar baik bagi mereka yang punya bau mulut mengganggu. Apa tuh? Banyak-banyak saja ngopi. Menurut penelitian, kopi mengandung esktrak yang mempu mencegah bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

“Ada yang mengira, kopi bisa memicu napas tak sedap. Memang ada benarnya, sebab kopi memicu efek dehidrasi pada mulut yang kalau dipadu dengan susu dapat terfermentasi dan menyebabkan bau tak enak,” jelas peneliti spesialis bau mulut dari Tel Aviv University, Mel Rosenberg.

Isolasi Molekul

Tapi ternyata hal itu tidak selamanya benar. Rosenberg beserta timnya memonitor bakteri bau-bauan yang diproduksi kopi dalam air ludah. Hasilnya justru berlawanan dengan anggapan tadi. Komponen dalam kopi justru mampu meghilangkan bau napas tak sedap. Ia beserta timnya akan mengisolasi molekul penghambat bakteri agar bisa mendapatkan keuntungan antibakteri dari kopi.

“Bukan ekstrak mentah biasa yang akan kami pakai, melainkan materi aktif yang ada di dalamnya,” jelas Rosenberg. Jika temuan tersebut sungguh terbukti maka akan menjadi terobosan baru di bidang ilmu bau mulut. Artinya ada opsi lain penghilang masalah bau mulut di luar permen menthol, obat kumur atau permen karet.
Temuan ini telah dipublikasikan secara detail di komunitas International Society for Breath Odor Research in Germany.

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.
foto:images.teamsugar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar