Sabtu, 07 Agustus 2010

mencegah stroke

7 september 2008

Stroke merupakan gangguan fungsi otak yang diakibatkan aliran darah yang menuju ke otak mengalami gangguan. Sehingga nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh otak tidak mencukupi dengan bagus.
Stroke dapat disebabkan karena adanya penyumbatan di pembuluh darah dan adanya pembuluh darah yang pecah. Stroke yang biasa diderita orang tua disebabkan proses penuaan yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras serta adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah. Sedangkan penyebab Stroke pada usia muda dan usia produkti (umur antara 15 sampai 40 tahun) disebabkan karena penyalahgunaan narkoba, stress, faktor keturunan, alkohol dan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Penyakit stroke merupakan salah satu penyumbang terbanyak dari penyebab kematian saat ini, penyakit ini biasanya diidentikkan dengan adanya kelumpuhan anggota gerak serta menyerang secara tidak disangka dan terjadinya penurunan kesadaran. Karena gejala tersamar tersebut, gejala stroke kurang di waspadai, padahal mencegah stroke merupakan suatu hal yang penting. Gejalanya seperti gangguan emosi, ingatan, perilaku.

Untuk menghindari penyakit ini, banyak cara dilakukan orang antara lain dengan mengkonsumsi tanaman wortel, mengkonsumsi wortel merupakan salah satu cara yang paling murah dan mudah. Wortel sendiri memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi selain kandungan unsur lain seperti kalsium, kalori, lemak, protein besi dan hidrat arang. Tumbuhan wortel merupakan tumbuhan yang dapat ditanam sepanjang tahun tidak tergantung musim, terutama ada di daerah pegunungan yang memiliki kondisi suhu udara dingin dan lembab.

Biasanya orang hanya mengenal wortel untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang cukup sangat tinggi. Wortel ini yang dikenal sebagai makanan kegemaran kelinci tersebut ternyata merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang lebih hebat yaitu dapat mencegah stroke. Orang yang telah terkena stroke dan banyak mengkonsumsi Vitamin A akan mengalami lebih sedikit kerusakan neurologis (saraf) serta memiliki kesempatan untuk sembuh. Karena ketika otak tidak memperoleh oksigen beberapa saat seperti pada stroke, sel mulai mengalami gangguan fungsi (malfungsi) yang dapat menyebabkan urutan kejadian dan mencapai puncaknya ketika sel-sel saraf mengalami kerusakan oksidatif, dan kondisi tersebut dapat diredam ketika dalam darah terdapat banyak vitamin A.

Sebuah penelitan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengkonsumsi wortel sedikitnya lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 68 persen jika dibandingkan dengan makan wortel satu kali dalam sebulan. Khasiat dari anti stroke tersebut juga dapat ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan dari kolesterol dalam pembuluh darah. Beta karoten adalah pigmen yang paling aktif bila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A di dinding usus halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar