Senin, 09 Agustus 2010

Gigi keropos waktu hamil ?

Sabtu, 01 Maret 2008
Ditulis oleh Melinda

Kebutuhan kalsium seorang ibu hamil meningkat, sehingga perlu asupan kalsium ekstra untuk memenuhinya. Bila asupan tidak mencukupi, maka kalsium yang ada di dalam tulang akan "disedot" untuk memenuhi kebutuhan janin. Hampir bisa dipastikan bahwa hal ini diketahui semua orang. Selain tulang, organ tubuh lain yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi adalah gigi.

Seringkali warungku kedatangan pasien wanita yang mengeluhkan giginya banyak yang hancur pada saat kehamilannya yang telah lewat beberapa waktu sebelumnya. Kalau "penyedotan" kalsium tulang terjadi untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin, tidak demikian halnya dengan gigi. Begitu gigi terbentuk, maka seluruh unsur pembentuk gigi akan menjadi kesatuan yang solid. Tidak ada unsur dalam bentuk ion yang dapat terlepas dari gigi yang sudah jadi. Jadi tidak akan ada kalsium yang dapat diserap dari gigi pada saat kehamilan.

Kalau kemudian ada keluhan gigi keropos pada saat kehamilan, dapat dipastikan bukan karena berkurangnya kadar kalsium gigi karena diserap oleh janin. Gigi tidak mungkin tiba-tiba menjadi keropos pada saat hamil, prosesnya memakan waktu panjang. Kemalasan menjaga kebersihan mulut, baik karena pengaruh hormon kehamilan maupun karena rasa mual ketika menyikat gigi, membuat gigi menjadi tempat yang nyaman bagi kuman perusak gigi. Gigi yang memang sudah mulai berlubang akan menjadi semakin parah pada saat hamil.

Jadi jangan salahkan janin kalau gigi menjadi keropos.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar