Senin, 09 Agustus 2010

Kulit Stretch marks

Stretch marks terjadi karena kullit meregang melebihi kemampuannya dalam waktu cepat, seperti ibu mengandung, perubahan dari kurus ke gemuk atau sebaliknya, atau penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh, biasanya yang dapat ditemukan pada perut, payudara, pantat, paha dan bahkan pada lengan.

Teorinya seperti yang mirip dengan karet elastis yang meregang, pada tahap tertentu jika kita perhatikan akan terlihat pecahan dari kulit karet tersebut.Tanda penegangan pada kulit dapat juga merupakan, garis-garis halus dan keriput yang terjadi di lapisan epidermis kulit, hal ini terjadi bila ada gangguan ( di garuk ) dan hilangnya cairan tubuh , elastin dan kolagen pada saat kulit membentang berlebihan.

Wanita dari etnis kulit putih lebih berisiko dibandingkan wanita kulit hitam, karena kadar pigmen melanin pada kulit hitam jauh lebih banyak yang diduga dapat menurunkan risiko stretch marks. Kelembaban, kelenturan dan kesehatan kulit ikut menentukan terjadinya stretch marks tersebut.

Peregangan kulit waktu masa kehamilan
Dalam kasus kehamilan, pertumbuhan janin adalah sebab utama terjadinya stretch marks karena adanya kerusakan kolagen kulit dan pembesaran pembuluh darah yang terlihat tebenuknya warna ungu merah sebagai tanda-tanda awal.Fenomena ini terjadi berkali-kali sehingga dapat mengakibatkan hilangnya produlsi pigmen melanocyte yang memproduksi melanin yang dapat menimbulkan parut berwarna putih atau hypo Pigmented scars Lama kelamaan ia akan berubah warna menjadi putih, sebagai pertanda telah terbentuknya jaringan baru, yang memiliki warna berbeda dengan warna kulit aslinya.

Bagaimana mencegah stretch marks
Anda bisa mengurangi risiko terjadinya stretch marks dengan beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Memelihara kekembaban kulit. Ini membantu menghilangkan rasa kering dan gatal. Cocoa butter, shea butter, minyak benih gandum, almond lanolin dan minyak adalah pilihan yang sangat baik.
2. Menambahkan vitamin E minyak ke air mandi. Beberapa sendok penuh dapat melakukan keajaiban pada kulit. setelah mandi akan terasa halus dan lebih lembab.
3. Gunakan krim yang mengandung vitamin E, minyak almond atau bahan yg dapat menjaga subtansi kolagen. Gunakan secara rutin pada bagian yang sering mengalami peregangan seperti perut, payudara, bokong, paha dan juga lengan.
4. Gunakan scrub yang lembut seminggu sekali untuk membantu pengelupaskan kulit lama dan membantu pertumbuhan kulit baru.
5. Makan yang sehat dan diet seimbang. Ini membantu nutrisi kulit di dalam dan luar.
6. Minum banyak cairan terutama air. Ini di bantu dari elastisitas kulit.
7. Menjaga berat badan ideal dan normal. Ingat bahwa cepat mendapatkan berat adalah penyebab stretch marks.
8. Hindari memakan terlalu banyak kafein khususnya bila Anda sedang hamil.
9. Jangan menggaruk-garuk perut anda disaat hamil, karena akan memicu timbulnya guratan-guratan baru diperut

Stretch marks tidak bisa dihilangkan seratus persen tapi dapat dihindari dan dicegah. Pada kasus yang tidak terlalu parah, stretch marks akan memudar dan hilang dengan sendiri dalam waktu sekitar 6 bulan setelah melahirkan.

Perawatan kulit Stretch Marks dengan galvanic
(Testimonial)
strechmark di perut wanita berumur 50 tahun ini, sudah ada sejak 23 th yang lalu terlihat permukaan kulit tidak rata dan stretch marks berwarna kehitaman, setelah pemakaian Galvanic dan body gel selama 30 menit, kita dapat melihat adanya perbedaan yang cukup menggembirakan, dimana stretch marks berubah warna menjadi putih dan kulit menjadi lebih kenyal, yang merupakan pertanda awal perbaikan struktur kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar